BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Perkembangan anak penting
dijadikan perhatian khusus bagi orang tua dan pendidik, sebab proses
perkembangan anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang,jika
perkembangan anak luput dari perhatian orang tua atau pendidik maka anak akan
berkembang seadanya sesuai dengan yang hadir dan menghampiri mereka dan kelak
orang tua juga akan mengalami penyesalan.
Pada dasarnya
anak mempunyai sifat yang berbeda-beda tiap individu untuk itu sebagai calon
pendidik terutama Sekolah Dasar dapat melakukan pengamatan serta memahami dua
individu anak pada aspek perkembangan
fisik,intelektual,bahasa,emosional,moral.sosial dan kepribadian agar calon
pendidik dapat mempunyai ekspetasi yang nyata dan dapat merespon prilaku
peserta didik secara tepat dan dapat membantu mengenali berbagai penyimpangan
dari perkembangan yang normal
B.Rumusan
Masalah
Bagaimana perkembangan anak dalam aspek perkembangan
fisik,intelektual,bahasa,emosional,moral,sosial dan kepribadian dari hasil pengamatan
yang dilakukan dari dua individu yang berbeda?
C.Tujuan
Untuk mengetahui hasil pengamatan terhadap dua
individu pada aspek perkembangan
fisik,intelektual,bahasa,emosional,moral,sosial dan kepribadian
BAB II
PEMBAHASAN
Pada
kesempatan ini penulis akan memberikan pengertian singkat dan memaparkan hasil
pengamatan terhadap kedua individu pada aspek perkembangan
fisik,intelektual,bahasa,emosional,moral,sosial dan kepribadian sebelum
diuraikan lebih lanjut,maka akan dituliskan identitas kedua anak tersebut
IDENTITIAS ANAK 1
Nama lengkap : Ridho Alfiano
Nama panggilan : Ido
Jenis Kelamin : Laki-laki
Usia :7 tahun
Alamat :Jln H
Rais Arahman gg Tenaga baru no 35
IDENTITAS ANAK 2
Nama
Lengkap :Kirani Estianty
Nama Panggilan :Rani
Jenis Kelamin :Perempuan
Usia :7 tahun
Alamat :Jln H
Rais Arahman gg Gunung gede no 27
Untuk
mengetahui lebih lanjut penulis memaparkan pengertian dari aspek perkembangan
fisik,intelektual,bahasa,emosional,moral,sosial dan kepribadian beserta hasil
pengamatan kedua anak sebagai berikut:
A.Perkembangan
Fisik
Perkembangan
fisik adalah perkembangan meliputi
perubahan-perubahan dalam tubuh (pertumbuhan otak, system syaraf dan
lain-lain), dan perubahan dalam cara-cara individu dalam menggunakan tubuhnya
(perkembangan keterampilan motorik), serta perubahan dalam kemampuan fisik
(penurunan fungsi jantung, penglihatan dan sebagainya).
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Bertubuh kurus
·
Tinggi cm
·
Berkulit sawo matang
·
Berambut hitam lurus
·
Bermata besar
|
·
Bertubuh gemuk
·
Tinggi cm
·
Berkulit kuning
langsat
·
Berambut hitam lurus
·
Bermata besar
|
B.Perkembangan
Intektual
Perkembangan
Intelektual adalah merupakan proses psikologis yang didalamnya melibatkan
proses memperoleh,menyusun,dan menggunakan pengetahuan serta kegiatan mental
seperti berfikir,berhitung,mengamati,mengingat,menganalisis,mengevaluasi dan
memecahkan masalah yang berlangsung melalu interaksi dengan lingkungan.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Dapat mengklasifikasi benda benda berdasarkan ciri yang
sama
·
Daya memahami materi pelajaran rendah
·
Rasa ingin tahu tinggi
|
·
Dapat mengklasifikasi benda benda berdasarkan ciri yang
sama
·
Daya memahami materi pelajaran cepat
·
Rasa ingin tahu tinggi
|
C.Perkembangan
Bahasa
Perkembangan Bahasa
adalah meningkatnya kemampuan penguasaan alat
berkomunikasi, baik alat komunikasi dengan cara lisan, tertulis, maupun dengan
tanda-tanda dan isyarat.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Lancar berkomunikasi
secara lisan dengan baik
·
Sulit menulis kembali
yang sudah didengarnya
·
Terbiasa menggunakan
bahasa daerah
·
Menulis kata dan
kalimat lambat
|
·
Lancar berkomunikasi
secara lisan dengan baik
·
Sudah mampu menulis
kembali yang sudah didengarnya
·
Berbicara menggunakan
bahasa Indonesia
·
Cepat dalam Menulis
kata dan kalimat
|
D.Perkembangan
Emosional
Perkembangan
Emosional adalah Emosi sering didefinisikan dalam
istilah perasaan (feeling), misalnya pengalaman- pengalaman afektif, kenikmatan
atau ketidaknikmatan, marah, takut, bahagia, sedih dan jijik. Emosi juga sering
berhubungan dengan ekspresi tingkah laku dan respon-respon fidiologi.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Periang
·
Percaya diri
·
Tidak mudah tersinggung
·
Tidak cengeng
|
·
Pemalu
·
Kurang Percaya diri
·
Mudah tersinggung
·
Tidak cengeng
|
E.Perkembangan
Moral
Perkembangan
Moral adalah Kemampuan
anak untuk memahami aturan norma dan etika yang berlaku di
masyarakat.Perkembangan moral terlihat dari perilaku moralnya di lingkungan sekitar
yang menunjukan kesesuaian dengan nilai dan norma dimasyarakat.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Selalu mengucapkan salam
·
Selalu pamit sebelum pergi
·
Hormat kepada guru dan orang tua
·
Kurang mentaati tata tertib
|
·
Selalu mengucapkan salam
·
Selalu pamit sebelum pergi
·
Hormat kepada guru dan orang tua
·
Mentaati tata tertib
|
F.Perkembangan
Sosial
Perkembangan Sosial adalah
pencapaian kematangan dalam hubungan atau interaksi sosial dapat diartikan juga
sebagai proses belajar menyesuaikan diri dengan norma-norma kelompok.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Terkadang egois dengan teman
·
Mudah bergaul dengan orang disekitar
·
Cepat menyesuaikan diri
·
Pandai menolong teman
|
·
Respek terhadap teman
·
Tidak mudah bergaul dengan orang yang belum dikenal
·
Lama menyesuaikan
diri
|
G.Perkembangan
Kepribadian
Perkembangan
Kepribadian adalah kepribadian
merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial
tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun
perbuatan.
RIDHO ALFIANO
|
KIRANI ESTIANTY
|
·
Keras kepala
·
Tenang dalam hal apapun
·
Cuek dengan perkataan orang lain
·
Mandiri
·
Mudah marah
|
·
Penyabar
·
Mudah Panik
·
Manja
·
Lemah lembut
|
Dari data
hasil pengamatan yang telah di paparkan maka jelaslah,bahwa perkembangan pada
anak dipandang secara keseluruhan karena adanya aspek perkembangan
fisik,intelegensi,bahasa,sosial,moral,emosional dan kepribadian yang berbeda –
beda tiap individu pada dasarnya
penyebab perbedaan itu adalah pembawaan dan lingkungan.Selain itu yang
terpenting peran guru dan orang tua terus memberikan arahan serta bimbingan
terhadap proses perkembangan anak.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
1.Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda –beda
untuk itu perlu arahan serta bimbingan
orang tua dalam perkembangan anak atau peserta didik
2.Perbedaan perkembangan anak dikarenakan faktor
bawaan atau keturunan,lingkungan dan motivasi
3.Peran guru sangat dibutuhkan dalam keberhasilan
peserta didik maka hendaknya sebagai calon guru kita harus mampu beradaptasi tentang
berbagai perkembangan yang ada dan meningkatkan kompetensinya
B.Saran
1.Sebagai orang tua hendaknya memperhatikan segala aspek-aspek
perkembangan anak
2.Sebagai calon pendidik kita harus mengembangkan
kemampuan dasar anak diantaranya adalah kemampuan fisik,intelegensi,emosi dll
supaya peserta didik dapat mengekspresikan ide-idenya dan menjadi anak yang
aktif
3.Karena setiap anak berbeda-beda jadi kita sebagai
calon guru harus memahami kemampuan fisik,intelegensi,emosi dan lain lain.
DAFTAR PUSTAKA
Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN.,
M.Pd. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. Rosda
u Perkembangan belajar peserta didik Syamsu Yusuf L,Nani M.SugandhiBuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar